Asus ZenFone Smartphone Android Terbaik

Asus ZenFone Smartphone Android Terbaik - review praktisi IT tentang Asus Zenfone dan apa yang membuatnya layak  disebut smartphone android terbaik.  Perkenalkan, nama saya Toni Tegar Sahidi, web programmer dan pengajar IT di sebuah kampus swasta di Malang (STT STIKMA Malang). Saya berkecimpung di dunia IT sejak 14 tahun lalu. Dan kali ini saya ingin mereview salah satu smartphone yang saya punya, Asus Zenfone. Saya secara pribadi merekomendasikan ASUS sebagai merk smartphone android terbaik bagi Anda. Kenapa? yuk kita bahas berikut.asus zenfone smartphone android terbaik

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

  1. Mengenal merk ASUS
  2. Asus Zenfone tanpa Iklan TV sudah Terkenal
  3. Pilihan Smartphone yang tidak Kompleks
  4. Positioning Asus Zenfone
  5. Asus ZenUI – custom Android UI yang intuitif
  6. Kamera Asus Zenfone dan Pixel Master
  7. Contoh Hasil Kamera Zenfone 4
  8.  Varian Asus Zenfone 4, 5 dan 6.
  9. Spesifikasi Asus Zenfone 4, 5, dan 6
  10. Penutup
Saat ini smartphone tak lagi menjadi barang mewah, karena hampir semua lapisan sudah terbiasa untuk menggunakannya untuk hal sehari-hari. Mulai pejabat hingga rakyat, mulai dosen, mahasiswa, hingga sekedar pedagang sayur sudah bisa didapati memegang jenis gadget yang satu ini. Memang tidak mayoritas, namun setidaknya kita melihat orang membawa HP android sudah tak lagi asing. Apapun merknya, apapun OS nya, dan kita pun juga tak peduli berapa harganya. Berbagai merk pun sudah mulai kita kenal, mulai merk korea, china, taiwan, atau ada pula merk lokal... nama-nama yang sudah tak lagi asing ditelinga kita. Nah jikaAnda bukan orang IT, maka mungkin nama Asus masih agak asing bagi Anda.

Mengenal Merk ASUS

asus logoJika Anda orang IT, terlebih orang IT yang sudah lama malang melintang di jagad per-IT an, nama merk Asus tentu sudah tak asing lagi. Merk ternama asal Taiwan ini memang sudah sangat lama ada di dunia IT, terutama di Indonesia. Ketika saya mulai akrab dengan dunia IT saat SMA 10 tahun lalu, ASUS adalah salah satu merk yang wow, terlebih di dunia motherboard. Motherboard adalah salah satu komponen penting di komputer. Saat itu laptop masih belum sepopuler sekarang, maka punya PC dengan motherboard ASUS menjadi sesuatu yang waaaaah di zaman tersebut. Kalau orang IT punya duit, dia akan memprioritaskan beli ASUS, walau itu boleh jadi lebih mahal. Kenapa? karena merk ASUS sudah melekat sebagai merk yang dikenal handal, tahan banting, performa maksimal, dan sejenisnya. Mereka memang bermain di sektor pasar yang mengutamakan kata sederhana : Kuat dan bisa Diandalkan! Namun teknologi memang terus berkembang. trend PC kini berubah menjadi trend laptop, dan juga sekarang tablet dan smartphone. Dan yang saya suka adalah Asus tetap menjaga paradigma itu. Kalau anda butuh produk IT yang handal di kelasnya, dan powerful, belilah Asus. Singkatnya, ASUS adalah merk kepercayaan orang IT. Dan kemana lagi Anda bertanya seputar per-gadgetan kalau bukan pada orang IT.

Asus Zenfone, tanpa Iklan TV tapi sudah terkenal.

Coba kita amati, seberapa sering Anda melihat iklan Asus Zenfone di TV? Tak pernah kan? Tak seperti pesainya samsung, smartfren, oppo, Nokia dlsb yang rajin berpromosi di TV. Lantas apa yang membuatnya Asus Zenfone sedemikian viral? Jawabnya sederhana, orang-orang IT  lah yang membuatnya terkenal. Asus memahami posisinya, dan dari sanalah ia ingin melaju. Asus bukanlah merk yang menggenjot jor-joran produknya. apalagi mengobral nggak banget. Meminjam bahasanya marketingnya mobil Lexus, "Barang seni tidak diobral". Ia bahkan membuat dirinya dicari, sampai-sampai beberapa waktu lalu kita mendengar merk yang gak promosi TV sama sekali ini, sold out untuk Zenfone 5 di Indonesia, bahkan sempat langka bersaing dengan langkanya BBM subsidi kita sekarang. Nah karena kita tak pernah lihat iklannya di TV, ini adalah salah satu iklannya di Youtube.

Pilihan Smartphone yang Tidak Kompleks

Kalau ditanya, handphone Oppo ada berapa macam? Andromax ada berapa tipe? apalagi Samsung ada berapa jenis? saya yakin Anda malas mengingatnya. Berbeda dengan kesemua merk tadi, dalam hal gadget, Asus mengutamakan dalam kesederhanaan. Ia hanya ada 3 varian
  1. Asus Zenfone 4, Smartphone dengan layar 4 inci
  2. Asus Zenfone 5, Smartphone dengan layar 5 inci dan
  3. Asus Zenfone 6, Smartphone dengan layar 6 inci
hanya tiga tipe itu saja? Yups... dan Anda pun bisa membedakannya dengan mudah dari ukuran layarnya. Yang perlu digaris bawahi disini adalah Asus Zenfone 4, 5 dan 6 masing-masingnya boleh dibilang berdiri sendiri untuk tiga segmen berbeda dengan harga yang berbeda. Zenfone 5 bukanlah penerus dari Zenfone 4, demikian pula Zenfone 6 bukan penerus dari Zenfone 5. Makanya Anda tak akan pernah dengar ada Zenfone 1, 2 dan 3, karena memang penomoran bukan seperti Apple iPhone. Ketiganya berbeda segmen, harga, dan spek hardwarenya. Akan kita bahas nantinya.

Positioning Asus Zenfone

ZenFone-SEO-contest-3Hal yang menarik tentang bagaimana Asus mem-positioningkan smartphonenya. Ia tidak lagi menyasar pasar premium seperti HTC dan Oppo, atau main di semua segmen seperti Samsung. ia mensegmen di level menengah bagi siapa saja yang menginginkan handphone berkualitas dengan harga yang reasonable dan terjangkau. Asus Zenfone, yang termahal sekalipun (Zenfone 6) tidak didesain untuk melawan Galaxy S5, atau HTC One dan sejenisnya. bahkan ia tampak santai-santai saja di segmennya. Tak heran bahwa Asus tak membenamkan hal-hal yang super wow di smartphone besutannya. Ia tak latah membesut octa core, atau RAM 8 Gb, storage super gendut, sensor aneh-aneh berbagai jenis yang sering tak digunakan oleh yang punya, dlsb seperti yang lainnya. Kenapa? karena ia tahu tentang bagaimana kebanyakan orang menggunakan smartphonenya. SMS, Chat, Foto-foto, Browsing, Telepon, Beberapa aplikasi, dan juga Game-game biasa yang tak akan terlalu muluk-muluk. Dan untuk melakukan itu ASUS telah menyiapkan semuanya. Ia membenamkan processor yang cukup, Ram yang lega, dan juga storage yang lumayan. Sebagai contoh varian termurah dari Zenfone, Zenfone 4, ia sudah memberikan processor dual core, RAM 1 Gb, dan Internal Storage 8 GB, dan itu semua dirilis dengan harga kurang dari 1,5 juta. Bandingkan dengan Oppo yang harga termurahnya 1,7 juta pun RAM nya masih 512 MB. Atau dibandingkan Advan S5J yang masih 1,7 jutaan tapi storage internalnya hanya 4GB. Jadi, menurut saya, Asus Zenfone memang menyasar pasar kelas menengah ke bawah yang ingin smartphone yang handal di kelas terjangkau.

Asus ZenUI - custom Android UI yang intuitif

zenui all asus zenfone - smartphone android terbaik Bandingkan dengan HP android besutan china yang murah-murah, Asus memahami arti bahwa agar ia tak tampil murahan maka  ia harus tampil beda dan berkelas. Maka ia pun memodifikasi Android Native UI menjadi Zen UI. Ya, tampilan smartphone android pun jadi tampil beda. Zen UI adalah UI (user interface / antar muka) Android buatan Asus yang dibuat untuk seluruh perangkat android miliknya, baik itu Zenfone series, ataupun Fonepad series yang terbaru. ZenUI ini dibuat dengan konsep freedom, expression, dan connection. Didesain untuk lebih memudahkan penggunannya dengan cara membuatnya se-intuitif mungkin. Anda akan dengan sangat mudah beradaptasi dengan zenUI sekalipun belum pernah memegang android sebelumnya. Tampilan dasarnya yang cerah membuatnya akan tampak berkelas, layaknya smartphone dengan harga yang berlipat diatasnya. Dilengkapi dengan icon-icon modern, warna-warni menarik, animasi yang bagus, notifikasi yang pas, dan lain sebagainya. Anda dapat bandingkan rasa dan bedanya berada di ZenUI dan di android biasa lainnya. Sungguh ibarat melihat sebuah ferari disandingkan dengan SUV murahan... (no offense). Berikut adalah beberapa screenshot saya dari ZenUI di handphone Asus Zenfone 4.   zenUI
zenui homescreen asus zenfone - smartphone android terbaik
tampilan home screen dengan zenUI (aplikasi sholat reminder tidak termasuk)
zenui lock screen whats next asus zenfone - smartphone android terbaik
tampilan lock screen, selain unlock screen dengan swipe dimanapun, juga ada cara mudah untuk langsung memotret / telepon / sms dengan men-swipe tombol di lock screen. tampak ada apliakasi whats next di bagian kanan.
zenui icon asus zenfone - smartphone android terbaik
tampilan icon-icon pada zenUI dibuat tidak ala kadarnya
  Jika biasanya Anda menswipe bagian atas layar langsung muncul notifikasi, maka di ZenUI tampilan itu pun dipermak habis. jika anda menswipe kiri atas, dimunculkan notifikasi, sedangkan jika di swipe kanan atas, dimunculkan quick setting.
quick setting zenUI
quick setting zenUI
 
zenui notifikasi asus zenfone - smartphone android terbaik
notifikasi zenUI
  Tampilan zenUI juga tampak di beberapa tempat lain seperti gallery, setting, dan lain sebagainya. zenui music player asus zenfone - smartphone android terbaik zenui setting asus zenfone - smartphone android terbaik zenui gallery asus zenfone - smartphone android terbaik Selain UI yang ciamik, ZenUI juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi bawaan ASUS. Dua hal yang diunggulkan antara lain Whats Next dan Do It Later.

Whats Next

Whats next adalah salah satu aplikasi bawaan yang terintegrasi didalam zenUI. APlikasi ini berfungsi untuk mengetahui apa saja yang akan terjadi kemudian. Sebagai contoh sederhana, bagaimana cuaca besok hari di lokasi tujuan, ada agenda apa, reminder penting, dlsb.

Do It Later

do it later  asus zenfone - smartphone android terbaik
dengan sekedar menekan tombol ini akan ditambahkan ke do it later
Do it later ibarat sebuah to do list yang perlu untuk Anda lakukan. Bisa jadi menelepons seseorang,  membalas pesan, atau bahkan membaca sebuah halaman web. Sebagai contoh ketika Anda sedang rapat dan menerima telepon, anda dapat langsung memilih untuk mereject dan call it later. Sebuah pesan akan dikirimkan otomatis ke penelpon dan di Do it Later akan ditambahkan bahwa Anda perlu untuk menelepon orang tersebut.  
do it later widget  asus zenfone - smartphone android terbaik
widget do it later di home screen
Zen UI adalah salah satu hal yang membuat ASUS adalah ASUS. Ia tak mau tampil apa adanya dengan penampilan ala kadarnya. Ia mempercantik diri, membuat pengguna lebih mudah untuk menggunakannya serta lebih betah. Layak diacungi jempol bahwa zenUI membuat nya layak dijuluki ASUS Zenfone smartphone Android terbaik.  

Kamera Asus Zenfone dan Pixel Master

pixelmaster  asus zenfone - smartphone android terbaik
teknologi pixel master pada Asus Zenfone

Salah satu hal yang sering digunakan orang dengan smartphonenya adalah kamera. Asus paham benar itu, maka ia pun menyematkan kamera yang handal untuk setiap Zenfonenya. Yang ia sematkan pun bukan main-main, untuk smartphone termurahnya zenFone 4 sudah dibenamkan kamera 5 Mega pixel.

Nah diantara satu nilai plus pada zenFone 4 adalah fitur pixel Master. pixelMaster adalah teknologi kamera dari Asus yang membuat foto-foto Anda layaknya kamera profesional. Terdapat banyak mode yang mendukung setiap pengambilan kamera Anda. PixelMaster tersedia di semua zenFone. Yuk bahas beberapa diantaranya.  

Selfie Mode

pixelmaster selfie mode  asus zenfone - smartphone android terbaik
fitur selfieMode
Asus tak memberikan kamera yang bisa diputar, dengan berbagai pertimbangan (termasuk keawetan smartphone). Namun bukan berarti Anda tak bisa selfie atau selfie group (bareng temen) Anda. Dengan fitur Selfie Mode, anda tinggal memilih berapa jumlah wajah yang akan nongol di foto selfie, jika sudah silakan hadapkan kamera ke Anda semua. Asus Zenfone akan otomatis mendeteksi wajah-wajah tersebut, nah jika jumlah wajah yang dideteksi sama atau lebih banyak, maka timer akan langsung hidup, diiringi bunyi bip bip bip yang cepat, lalu jepret! kamera pun menjepret kalian.

Time Rewind

pixelmaster time rewind  asus zenfone - smartphone android terbaik
fitur time rewind pada zenFone
Ini fitur yang sangat berguna jika objek Anda termasuk susah diprediksi, banyak bergerak, atau hal-hal sejenisnya. Contoh sederhana, Anda memotret bayi sedang bermain yang belum bisa diminta untuk diam selama pemotretan. Nah, fitur ini intinya ia akan otomatis mengambil gambar sekian detik sebelum dan sesudah Anda menekan tombol shutter. Artinya apa? Artinya Anda bisa mereview hasil kamera Anda. Anda seolah-olah bisa kembali sekian detik atau maju sekian detik dari saat Anda menekan tombol shutter, pilih momen terbaiknya, lalu simpan. Semudah itu.

In-Depth Field Mode

Fitur ini digunakan untuk membuat kesan kedalaman. Mungkin Anda pernah melihat foto yang fokus di satu obyek, lalu obyek background dibelakangnya tampak nge-blur? Ya, Ini adalah fitur untuk membuat hal itu. Dengan begitu, Anda bisa membuat hasil foto kualitas profesional,meskipun tak belajar DSLR yang ribet atur ini itu.

Low Light Mode

Malam hari adalah salah satu horor bagi pengguna HP kamera. Namun tidak dengan Asus. Teknologi low light mode akan membuatnya tetap tajam meski kondisi cahaya tidak terlalu banyak. Ketika Anda mengaktifkan mode ini, akan muncul logo burung hantu, di kamera, hal ini tak lain karena ia bekerja dengan prinsip seperti burung hantu. Low Light mode bekerja dengan cara menggabungkan piksel-piksel yang tepat. Dengan begitu, kamera mampu meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 400% dan kontras hingga 200%! Tak heran meskipun tanpa flash (Zenfone 4 tidak memiliki flash, flash hanya ada di zenFone 5 dan 6), Anda dapat mengambil foto yang terang dan jelas di kondisi kurang cahaya. Selain itu, fitur Electronic Image Stabilizer (EIS) memungkinkan gambar Anda tetap tidak goyang walau di kegelapan.

Smart Remove

pixelmaster smart remove  asus zenfone - smartphone android terbaik
fitur smart remove pixel master
Hilangkan gangguan orang lewat, hewan lewat, mobil lewat atau apapun yang lewat saat Anda memotret dengan fitur ini. Kamera Anda akan mengambil beberapa sequence images, kemudian dengan cerdas gangguan-gangguan yang lewat akan dihilangkannya dari hasil foto Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda terkadang butuh memotret di tempat wisata yang ramai dimana banyak orang lalu lalang. Sebenarnya selain beberapa fitur diatas, masih banyak lagi fitur dari pixel Master, seperti panorama, miniature, snapshot, dlsb.

Konklusi Teknologi Kamera Pixel Master

Asus tidak menyematkan fitur kamera yang apa adanya. Mereka tahu bahwa kamera adalah salah satu faktor penentu kualitas sebuah smartphone. Selain menyematkan kamera dengan resolusi yang cukup untuk di kelas harga masing-masing, ia juga mengintegrasinya dengan teknologi Pixel Master yang membuatnya menjadi bernilai lebih, karena kameranya menjadi bukan kamera apa adanya. Sebuah nilai plus yang layak dipandang bahwa Asus Zenfone smartphone android terbaik di kelasnya.

Contoh Hasil Kamera Asus Zenfone 4

hasil kamera zenfone 4
mode night
Saat ini saya hanya punya Asus Zenfone 4 yang dipakai istri. Rasanya tak enak kalau membahas kamera tapi tidak membahas contoh hasil fotonya. Berikut saya tampilkan 3 foto hasil jepretan Zenfone 4. Dua foto diambil dengan mode auto dan 1 foto malam dengan mode night mode. Keduanya tanpa flash (flash baru ada di Zenfone 5 keatas) dengan kamera 5 MP, kualitas foto saya set di 4MP.
hasil kamera zenfone
mode auto
hasil kamera zenfone 4
mode auto
Jpeg

Varian Asus Zenfone 4, 5 dan 6.

Asus menyediakan zenFone dalam 4 varian. Ketiganya berbeda utamanya dalam hal ukuran layar, resolusi kamera, processor, ukuran memori, storage, dan juga pilihan warnanya

Asus Zenfone 4

Zenfone 4 adalah variasus ZenFone 4an ASUS dengan layar terkecil dan harga termurah. Ukurannya yang 4 inchi pas digenggam dan saku. Bersaing dibawah harga 1,5 juta, ia sudah dilengkapi kamera 5MP dengan Pixel Master, Memori Internal 8GB, dan RAM 1GB! Coba cari berapa banyak gadget smartphone dibawah 1,5 juta yang memberikan RAM 1 GB. Dengan processor intel Atom. Zenfone 4 di pasaran dijual dikisaran harga 1 jutaan.

Asus Zenfone 5

asus ZenFone 5Bagi Anda yang menginginkan layar lebih lega dengan 5 inchi, pakailah yang ini. Tak sekedar layar lega, zenFone 5 tersedia dengan RAM yang lega pula sebesar1 hingga 2GB. Storage internal nya pun jugatersedia dalam 8 dan 16 GB.. Kamera dengan resolusi yang lebih baik dan tentu baterai yang lebih lama pula. Zenfone 5 sudah dibekali dengan layar IPS sehingga tetap tajam walau dilihat dari sudut 178 derajat sekalipun. Selain itu tersedia fitur Glove On yang memungkinkan Anda dapat mengakses zenfone Anda meski memakai sarung tangan. Cocok bagi Anda para biker, atau pekerja lapang. Asus Zenfone 5 dibanderol di harga 2 jutaan.

Asus Zenfone 6

asus ZenFone 6Merupakan varian Zenfone dengan spek paling tinggi dan layar paling lebar. Layr 6 inchi yang lega, RAM 2 GB, dan internal memori sebesar 16 GB. Sebagaimana Zenfone 5, Zenfone 6 juga dibekali layar IPS dan fitur glove on. Tak hanya itu, kamera 13 MP siap untuk memberikan Anda nuansa terbaik dalam memotret. Asus Zenfone 6 dijual di harga 3 jutaan.  

Perbandingan Spesifikasi Zenfone 4, 5 dan 6

Spesifikasi Zenfone 4 Zenfone 5 Zenfone 6
Processor Intel Atom Z2520 Dual-core 1.2 GHz Intel Atom Z2580/ Z2560 Dual-core 2 GHz (Z2580)/ 1.6 GHz (Z2560) Intel Atom Z2580 Dual-core 2 GHz (Z2580)
Storage / Memory Internal  4 GB / 8 GB  8 GB / 16 GB  16 GB
 RAM  1 GB  1 GB / 2 GB  2 GB
 Kamera Belakang  5 MP No Flash 8 MP, LED flash, 13 MP LED flash,
 Kamera Depan  0.5 MP  2 MP  2 MP
 Warna Pilihan  Charcoal Black/Pearl White/Cherry Red/Sky Blue/Solar Yellow Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Champagne Gold, Twilight Purple Charcoal Black/Pearl White/Cherry Red/Champagne Gold
 Grafis  PowerVR SGX544MP2  PowerVR SGX544MP2  PowerVR SGX544MP2
 Baterai  1200/1600 mAh (dua baterai) 2110 mAh   3300 mAh
 Dimensi  124.4 x 61.4 x 6.3-11.2 115 g (4.06 oz)  148.2 x 72.8 x 5.5-10.3 145 g (5.11 oz)  166.9 x 84.3 x 9.9 mm (6.57 x 3.32 x 0.39 in) 196 g (6.91 oz)
 Ukuran Layar  4 inchi  5 inchi  6 inchi
 Pelindung Layar Super Anti-Scratch Gorilla Glass 3 dan Anti-Fingerprint
 Konektivitas  HSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot Bluetooth v4.0, A2DP, EDR microUSB v2.0
 Harga Mulai  Rp 1.099.000.  Rp. 2.199.000.  Rp. 3.099.000.

Menjawab Beberapa Kegalauan Terkait Asus Zenfone

Barangkali Anda yang ingin membeli Asus zenfone telah mendengar beberapa rumor / perkataan orang terkait produk ini. Mari kita cek satu persatu.

Kapasitas Baterai Asus Zenfone sedikit!

Ketika awal rilis, Zenfone (terutama Zenfone 4) baterainya hanya 1.200 mAh, saya yang saat itu hendak membeli pun sempat pikir-pikir. wah, benerankah? Namun perlu diketahui 3 hal. Antara Lain :
  1. Di rilis terbarunya (batch produksi terbaru), Zenfone memperbaiki kapasitas baterainya menjadi 1.600 mAh.
  2. Intel Atom adalah processor yang sangat efisien dalam sumber daya, sehingga baterai Anda tidak terlalu boros. Pengalaman di hp zenfone 4 istri saya, stand by semalaman dengan kondisi internet / mobile data tetap terhubung, hanya berkurang 15%. Ngecharge pun standar seperti biasanya Anda punya HP Android lain yang sekitar 1 hari sekali. Bahkan untuk Zenfone 4 saya akui, untuk menchargenya terbilang cukup cepat hingga full.
  3. Di Asus Zenfone 4 mereka memberikan 2 baterai sekaligus! Kalaupun kurang, hari ini masih banyak Power Bank yang terjangkau!

Asus Zenfone masih Jelly Bean, belum KitKat!

Asus adalah vendor yang tidak tergesa-gesa mengadaptasi teknologi. Mereka pun juga memberikan full support terkait device yang mereka rilis. Sebelum punya Zenfone 4 saya sudah punya Asus Fonepad 7, waktu itu belum memakai zenUI, demikian juga kernelnya masih yang lama. Tapi kemudian tak lama, fonepad mendapatkan update otomatis dan terupgrade menjadi lebih baru. Maka insya Allah bisa dipastikan bahwa zenFOne ini pun akan mendapatkan upgrade OS yang sama dari ASUS.

Kesimpulan Asus Zenfone

Asus Zenfone adalah salah satu smartphone yang layak Anda perhitungkan. Dengan fitur dan spesifikasi yang waah, Asus Zenfone ini cukup terjangkau di kantong. Anda dapat bandingkan dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang setara dengan yang harga berlipat diatasnya. Zenfone pun masih menyandang nama Asus sebagai merk yang terkenal dengan kekuatan dan kehandalannya. Insya Allah handal, kuat dan jarang rusak.  

Toni Tegar Sahidi

check me di http://sepatuterakhir.com/tentang-toni-tegar-sahidi/

13 comments to “Asus ZenFone Smartphone Android Terbaik”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. hobingarit - November 26, 2014 Reply

    mantapp bosss tapi ga ada uiiittttt

  2. dwi - December 1, 2014 Reply

    kapan hari saya membeli zenfone 4 (dibuku panduannya seri A400CG) dengan baterai 1 (satu) buah, yang benar itu satu atau dua baterai. mohon infonya, terimakasih

    • Toni Tegar Sahidi - December 1, 2014 Reply

      untuk zenfone 4 seri produksi terbaru seingat saya hanya satu baterai saja, dengan kapasitas yang lebih besar.
      wallahu alam.

  3. sudarto - December 13, 2014 Reply

    Hp zenfone 4 sy ,saat ngirim pesan ada tulisan pesan tidak d kirim, bgmn cara mengatasinya.trm ksh

    • Toni Tegar Sahidi - May 12, 2015 Reply

      Waduh, maaf saya bukan tukang servis mas.. kyk gitu biasanya ksalahan dr kartunya, smsal pulsa habis

  4. Acha - February 11, 2015 Reply

    Wow yang fitur time rewind oke juga tuh, emang gak ada di android lain kayaknya ya..

  5. ari - March 26, 2015 Reply

    Pengen yg zenfone 5 gan.. Tpi duit blum ada. Hehe

  6. Santi - May 12, 2015 Reply

    Tapi Asus Zenfone 6 terlalu gede ga sih? Jadinya ga cukup handy untuk dibawa-bawa.

    • Toni Tegar Sahidi - May 12, 2015 Reply

      Kayaknya iya jugs mbak, makanya saya sndiri beli yang 5, dah ckup kl mnurut saya.

  7. Evangelina - May 29, 2015 Reply

    zenfone 4 kekecilan, zenfone 6 kegedean. mau zenfone 5 juga masih gede. ada ga sih yang ukurannya di antara zenfone 4 dan 6?

  8. Deno - June 22, 2015 Reply

    Yang ga enak di Asus itu ukurannya yang makin bagus, makin gede. :/

  9. Reina - August 6, 2015 Reply

    Oiya ya, baru sadar kalau asus itu jarang banget iklannya tampil dimana-mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.